Hujan Asam yang Mematikan

27 Jan

Pencemaran atau polusi telah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Air, tanah, udara, bahkan suara tak luput dari jangkauannya. Polusi adalah pengotoran air, tanah, udara, dsb. dengan bahan-bahan kimia yang menyebabkannya jadi tercemar.

Polusi berakibat buruk bagi lingkungan seperti hilangnya habitat, berkurang bahkan punahnya populasi hewan, hujan asam, bencana alam, dan pemanasan global. Bagi manusia, polusi juga berdampak pada menurunnya hasil panen, berkurangnya pangan, terganggunya kesehatan, dan munculnya berbagai macam penyakit.

Salah satu akibat polusi yaitu hujan asam tidak dapat dianggap remeh. Hujan asam terbentuk dari proses terbentuknya hujan pada umumnya, yaitu evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Namun, air yang terevaporasi mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang cenderung asam. Bahan-bahan kimia tersebut adalah polusi yang mencemari air pada suatu tempat. Walaupun tidak semua tempat terkena polusi, air tercemar pada suatu tempat dapat terevaporasi dan menjadi hujan asam di tempat lain, sehingga tempat yang tidak tercemar juga mendapat akibatnya. Namun demikian, hujan asam baru dapat terbentuk dan memberikan dampak nyata apabila kandungan asamnya dan pencemarannya tinggi.

Asap kendaraan bermotor yang mencemari udara juga dapat memicu hujan asam. Bahan-bahan kimia di udara yang terikat uap air terakumulasi pada saat kondensasi dan akan menurunkan hujan yang bersifat asam. Sekali lagi, hujan baru dikatakan hujan asam apabila kadar keasamannya tinggi, yaitu memiliki pH kurang dari 5.

Hujan asam dapat berakibat pada naiknya kadar keasaman tanah dan air. Air kolam yang menjadi asam karena hujan asam dapat mematikan populasi yang hidup didalamnya. Ikan, amfibi, dan reptil dewasa mungkin dapat menghadapi kenaikan kadar keasaman yang hanya seberapa itu. Namun, telur-telur beberapa jenis ikan, amfibi, dan reptil tidak bisa bertahan dari perubahan keasaman itu. Beberapa diantaranya tidak dapat menetas bahkan mati. Lama-kelamaan, populasi dalam kolam tersebut akan menyusut dan kemudian tidak akan ada kehidupan lagi. Kolam itu juga tidak akan didatangi lagi, sehingga hilanglah satu habitat hidup bagi beberapa satwa. Tanah pun demikian. Tanah yang asam membuat beberapa organisme tidak dapat tumbuh di atasnya, bahkan lumut atau ganggang pun ogah. Cacing tanah dan hewan tanah lain juga akan terancam kehidupannya oleh hujan asam.

Bagi manusia, hujan asam juga membawa akibat. Mulai dari sakit kepala ringan akibat kehujanan, hingga penyakit akibat pencemaran lain. Air yang dikonsumsi manusia yang diambil dari sumber yang tercemar akan berakibat buruk bagi kesehatan. Apalagi jika air yang dikonsumsi adalah air hujan asam atau air yang tercemar akibat hujan asam. Namun, di Indonesia hujan asam masih kecil kemungkinannya terjadi. Kemungkinan hujan asam terjadi di daerah dengan polusi tinggi, seperti daerah industri dan pabrik. Limbah pabrik baik cair maupun gas akan mencemari lingkungan dan akan membahayakan kesehatan. Namun demikian, sebaiknya hindari minum dari air hujan di daerah kota besar dengan banyaknya pabrik dan limbah industri. Air hujan di daerah yang tidak banyak pabrik dan kendaraan bermotor kemungkinan masih baik. Air di daerah yang banyak pepohonan dan hutan juga terbilang masih baik dan di Indonesia masih banyak daerah berhujan dengan air yang masih baik.

 

Link dalam artikel ini:

http://majari.lemuel.netdna-cdn.com/

http://kamusbahasaindonesia.org/polusi

2 Responses to “Hujan Asam yang Mematikan”

  1. Larry Swopshire January 29, 2012 at 5:59 pm #

    I don’t waste my free time in watching video lessons except I like to read articles or reviews on net and take updated from most recent technologies.

  2. mink pink leopard February 5, 2012 at 10:34 am #

    F*ckin’ remarkable issues here. I am very glad to see your post. Thank you so much and i’m having a look ahead to contact you. Will you kindly drop me a e-mail?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: