Menulis Berita

28 Feb

Baru saja mengunjungi situs About.com, saya sudah menemukan sebuah artikel menarik. Artikel ini berjudul How to Write a News Article. Klik judul artikel untuk melihat artikel aslinya.

Saya memang berkecimpung di media, sehingga hal-hal semacam ini merupakan hal yang wajib diketahui. Namun demikian, setelah membaca artikel ini, saya semakin tahu bahwa menulis berita yang baik harus memenuhi unsur-unsur tertentu. Berikut adalah tahap penulisan berita:

Mencari Berita

Pertama-tama, kita harus tahu apa yang akan kita tulis. Terkadang, jika editor kita menginginkan, kita harus mencari berita mengenai topik tertentu. Walaupun demikian, terdapat pula berita yang bersifat insidental, sehingga penulisan berita tidak perlu menyangkut topik yang diberikan.

Ketika kita sudah menentukan topik, kita harus mencari bahan yang bisa mendukung topik kita. Hal itu bisa didapat dari pencarian pustaka di perpustakaan atau wawancara mengenai seseorang, organisasi, kegiatan atau acara yang ingin diliput. Selanjutnya, kita harus mendapatkan testimoni beberapa orang yang menghadiri acara tersebut atau orang yang mengenal narasumber yang kita wawancara, dan sebagainya untuk mendapatkan persepsi publik agar berita yang kita tulis objektif.

Bagian-Bagian Artikel Berita

Hal ini perlu diketahui agar kita dapat menulis draft artikel berita yang baik.

Headline/Judul: Dalam penulisan berita, judul harus menarik (catchy) dan to the point. Sebaiknya singkat, dan terdiri dari satu kalimat dan bukan kalimat bertingkat. Penulisan angka biasanya langsung ditulis dengan angka dan tidak dijabarkan dengan huruf. Contoh: Mahasiswa Melakukan Penanaman di Pantai Wedi Ombo.

Byline: Setelah judul ditulis di bagian atas tengah draft, di bawah judul kita mencantumkan nama kita sebagai reporter yang meliput berita yang kita tulis. Editor dapat mengeditnya apabila berita kita dimuat dalam kolom menjadi identitas atau kode tertentu yang dapat kita kenali.

Lede: Ini merupakan paragraf pertama yang menggambarkan keseluruhan isi berita secara singkat. Paragraf pertama ini sangat krusial untuk menarik pembaca agar membaca keseluruhan berita atau puas hanya dengan membaca awalnya saja. Bagian ini sebaiknya dibuat dengan jelas, namun penulis berita juga dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan berita dengan memberikan kata-kata pancingan.

Berita: Bagian ini menjelaskan rincian berita yang sudah kita liput. Penulisan hendaknya dilakukan secara kronologis dan detail, namun apabila kita dibatasi dengan jumlah baris dalam kolom yang hendak kita isi, sebaiknya penulisan berita ini juga dapat dilakukan dengan singkat. Informasi terpenting sebaiknya diletakkan pada bagian awal paragraf, atau dapat pula diletakkan pada lede untuk memancing minat pembaca. Informasi penjelas, latar belakang, dan informasi terkait dituliskan untuk memperjelas berita dan informasi penting yang kita sampaikan. Sebaiknya kita menggunakan kalimat-kalimat aktif, dan menghindari pasif. Kalimat pasif baik digunakan untuk menulis karya ilmiah. Selain itu, dalam kalimat berita, jangan mencantumkan opini kita sendiri (penulis) di dalamnya karena akan membuat berita kita kurang objektif.

Link dalam artikel ini:

http://www.about.com/

http://homeworktips.about.com/od/paperassignments/a/How-To-Write-A-News-Article.htm?nl=1

http://lacakbalak.nyatet.in/index.php/himaba-menanam-lagi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: