Pengempaan Perekatan

26 Oct

catatan perekatan kayu

Pengempaan

–          Pengempaan produk perekatan bertujuan untuk menempelkan lebih rapat sehingga garis perekat dapat terbentuk serata dan sepejal mungkin dengan ketebalan setipis mungkin.

–          Tebal garis perekat setelah pengempaan dapat menjadi setipis 1 monomer perekat.

–          Ketebalan garis perekat berbeda-beda tergantung monomer binding agent-nya.

–          Pengempaan dalam perekatan dibagi 2 tipe: pengempaan dingin (repressing/cold pressing) dan pengempaan panas (hot pressing).

–          Pengempaan dingin sebagai tahap akhir dari proses pematangan perekat memerlukan waktu yang lama tetapi ongkos/biaya pengempaan murah, sedangkan pada sistem kempa panas waktu pengempaan akan menjadi pendek sehingga dapat menaikkan kapasitas pengempaan sekaligus menaikka produksi, tetapi memerlukan ongkos yang tinggi untuk menaikkan suhunya.

–          Bila ditinjau dari segi ukuran produk yang direkat, pengempaan dingin mempunyai keunggulan dibanding pengempaan panas, yaitu pengempaan dalam pembuatan produk laminasi struktural/laminated beams, dimana ukuran yang besar menghalangi mesin kempa panas karena biaya/ongkos menaikkan suhu untuk barang yang relatif lebih besar masih tidak mungkin/terlalu mahal.

–          Pengempaan dingin juga dilakukan sebagai pengempaan permulaan/repressing sebagai tahap setingkat sebelum tahap akhir dalam proses pematangan perekat.

–          Tujuan Pengempaan

  • Membantu proses pengaliran sehingga perekat membentuk lapisan tipis
  • Membantu proses pemindahan, sehingga perekat akan dapat berpindah dari satu permukaan ke permukaan lain
  • Membantu proses penembusan, sebagian perekat dipaksa masuk ke dalam rongga sel dari kayu. Akibat tekanan ini ada sel kayu yang pecah sehingga dapat dimasuki perekat
  • Menahan kayu yang direkat sampai perekat memadat. Karena proses pemadatan belangsung beberapa saat maka selama proses itu kayu harus ditahan (tetap berhubungan secara rapat). Sehubungan dengan proses ini dikenal adanya pengempaan dingin (suhu kamar) dan pengempaan panas
  • Membuat bentuk tertentu pada bahan yang direkat seperti pada pembuatan kayu lapis lengkung.

–          Tujuan dari pengempaan permulaan dengan pengempaan dingin:

  • Mengempa panel sehingga kesulitan dalam pengempaan panas dapat dikurangi. Kesulitan ini berupa waktu yang dibutuhkan untuk memuat panel-panel ke dalam mesin kempa panas.
  • Untuk menaikkan kapasitas mesin kempa panas. Hal ini disebabkan karena menipisnya tebal panel yang siap masuk ke mesin kempa panas sehingga jumlah ruangan dalam mesin kempa dapat dimaksimumkan.
  • Mengefisienkan pengempaan panas dalam arti bahwa waktu yang diperlukan untuk memproduksi satu panel lebih pendek setelah prepressing.
  • Pematangan perekat berjalan lebih cepat karena telah didahului dengan prepressing yang membuat perekat menjadi suatu garis yang bersambungan, melakukan penetrasi secukupnya dan kekentalan naik sehingga perekat bersifat lekat/tacky.

–          Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam proses pengempaan:

  • Lama waktu kempa (lama waktu tekan), lama waktu kempa tergantung dari beberapa faktor antara lain: tipe atau jenis perekat yang dipergunakan.
  • Tekanan spesifik, tekanan yang diperbolehkan untuk mengempa suatu jenis kayu tanpa menyebabkan kerusakan fisik kayu.
    • BJ gabungan = (∑tebalxBJ) / ∑tebal
  • Suhu pengempaan, suhu pengempaan berhubungan dengan waktu pengempaan. Suhu yang tinggi diperlukan untuk mematangkan perekat dengan cepat tetapi kurang ekonomis karena diperlukan biaya yang tinggi untuk membawa suhu kempa ke suhu yang lebih tinggi dari suhu kamar. Suhu yang rendah dipakai untuk mematangkan perekat tetapi diperlukan waktu yang lebih lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: