Perekatan Kayu — Lipowitz

27 Oct

Logam wood atau yang biasa dikenal dengan campuran logam lipowitz, merupakan campuran logam dengan titik leleh sekitar 70oC. campuran logam lipowitz merupakan campuran logam yang terdiri dari 50% bismuth, 40% timah, dan 10% cadmium per berat.

Logam wood digunakan sebagai soldir dengan titik leleh rendah, logam pelapis suhu rendah, cairan penyampur suhu tinggi dalam pemandian panas, dan sebagai komponen yang mudah meleleh pada katup alat pendeteksi kebakaran.

Logam wood biasa digunakan sebagai pengisi (filler) dalam pembuatan pipa berdinding tipis. Untuk menggunakannya, pipa diisi dengan logam wood cair. Setelah pengisi ini memadat, pipa telah jadi. Pengisi mencegah pipa rusak. Logam wood kemudian dihilangkan dengan panas, misalnya dengan merendamnya dalam air mendidih.

Penggunaan logam wood lain yaitu pembuatan bentuk celah/bukaan dan pembuatan balok (misalnya dalam pembuatan potongan balok electron dan balok paru-paru) pada perawatan radiasi medis, dan membuat tatahan logam pada kayu.

Logam wood juga dapat digunakan untuk memperbaiki barang-barang antik. Misalnya sepotong logam bengkok dari lembaran logam dapat diperbaiki dengan melaburkan logam wood cair. Suhu leleh rendah logam wood tidak akan merusak barang aslinya. Bagian yang rusak kemudian dapat dijepit dalam cetakan dan perlahan-lahan ditekan untuk membentuk kembali ke bentuk semula.

Logam wood beracun karena mengandung timbal dan cadmium, oleh sebab itu kontak dengan kulit telanjang dianggap berbahaya terutama pada keadaan cair. Uap dari campuran logam yang mengandung candmium juga dikenal menimbulkan bahaya bagi manusia. Keracunan cadmium membawa resiko kanker, anosmia (hilangnya indera penciuman), kerusakan hati, ginjal, saraf, tulang, dan sistem pernapasan. Campuran dengan debu dapat membentuk campuran mudah terbakar dengan udara. Logam field adalah alternatif lain campuran logam tidak beracun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: