Aksi Untuk Bumi — Memperingati Hari Bumi 2013

22 Apr

Hari Bumi diperingati pada tiap tanggal 22 April. Ada kegiatan apa saja yang dilakukan untuk memperingatinya? Lalu, apa menurutmu Hari Bumi itu, serta apa kontribusi yang kamu lakukan untuk Bumi? Berikut merupakan opini dari beberapa kawan:

Berli Arta – Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

“Menurutku hari hari bumi itu merupakan hari dimana kita saling berbagi inspirasi betapa pentingnya bumi kita, mulai dari alamnya, lingkungan kita, dan makhluk sosialnya juga. Jujur aku belum melakukan apapun untuk bumi. Harapannya sih, bisa ikut berperan dalam menjaga bumi mulai dari membuang sampah pada tempatnya.”

Izzatur R – Universitas Brawijaya, Malang

“Menurutku hari bumi harusnya tiap hari karena nggak cuma tanggal 22 April kita berbuat hal demi menjaga bumi. Aku pribadi sebenarnya juga lagi ngajak temen-temen buat daur ulang kertas jadi benda berguna kayak kartu pos yang dulu kujadikan topik esai di UNS. Masih temen-temen internet sih, tapi setidaknya ide ini berguna buat lingkungan lah kalo diterusin.”

M. Rezza N – Institut Pertanian Bogor

“Kemaren sih di kampus ada gembar-gembor gerakan mematikan lampu selama beberapa jam sih, namanya one hour for earth, untuk memperingati Hari Bumi. Hmm, hari bumi, sama seperti hari kartini, hari pahlawan, hari proklamasi, intinya mengenang, mengenang what for? Bisa saja mengenang bagaimana bumi ini memberikan tempat yang indah untuk hidup. Nah, bumi kan udah ngasih tempat hidup, saatnya kita menjaga kehidupan untuk bumi. Kontribusi ya? Paling kecil itu tidak buang sampah sembarangan, dan paling kecil itu hemat. Intinya tidak melakukan hal merusaklah. Just a little, but big for our earth.”

Azhar Aziz L. – Universitas Negeri Medan

“Inilah masalah krusial di Medan, mahasiswa di Medan tidak seaktif dan seantusias kawan-kawan di Jawa. Setiap ada peringatan hari-hari lokal, nasional dan internasional, antusiasnya tak begitu besar bahkan tentang hari bumi ini sendiri. Di kampus – Unimed – sendiri, peringatan Hari Bumi tidak diperingati secara besar-besaran hingga tingkat universitas. Setahu saya, peringatan ini hanya diperingati oleh teman-teman dari Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Geografi. Setiap tahunnya biasanya mereka mengundang teman-teman dari fakultas lain utk turut andil dalam seminar yang mereka adakan. Kalau kegiatan yang bersifat aksi sosial dan turun kejalan itu belum ada, masih sebatas kegiatan dan peringatan yang bersifat seremonial.”

Gloria Saraswati P. – Universitas Diponegoro, Semarang

“Ada kegiatan car free day dan pembuatan pupuk di RT. 3, Tembalang di kampus dalam rangka memperingati Hari Bumi. Hari Bumi itu menurut saya adalah hari untuk memperingati penghargaan dan rasa hormat kita atas planet yang kita huni selama ini, karena berkat bumi ini kita diberi kesempatan untuk tinggal, hidup, makan, bekerja, berteman dan menuntut ilmu. Tanaman dapat tumbuh subur dan bisa menghasilkan oksigen. Binatang ternak dapat kita sembelih untuk bisa di makan demi kelangsungan hidup manusia. Air di laut juga diproses sedemikian rupa dapat kita minum. Kontribusi saya untuk hari bumi itu adalah menanam pohon di sekitar kampus karena dulu kampus saya sangat gersang. Tapi, Alhamdulillah apresiasi saya untuk melaksanakan penghijauan dapat dilaksanakan walaupun belum maksimal.”

Ruli Aulia – Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

“Menurutku hari bumi itu bagus, tapi masih perlu kajian di sisi lainnya. Soalnya, kesannya penyelamatan bumi sekarang ini masih dimaknai seremonial. Maksudnya seperti hari bumi ini, cuma sehari saja, padahal menyelamatkan bumi itu harus tiap hari. Aku berkontribusi sesuai kemampuanku, jadi aku lebih menekankan habit yang aku mulai dari diri aku sendiri. Seperti misalnya kalau lampu merah aku selalu matiin motor, soalnya aku nggak mungkin ke kampus pake sepeda, terus ke kampus bawa botol air, dan buang sampah harus ditempatnya. Soalnya aku lebih suka penyelamatan bumi itu HABITUAL, bukan SEREMONIAL.”

Siska Indah – Universitas Airlangga, Semarang

“Menurutku, hari bumi itu waktu yang tepat untuk membuat masyarakat lebih care dan mencintai lingkungan. Kontribusi untuk bumi, mulai dari hal-hal kecil seperti tidak buang sampah sembarangan dan kadang-kadang naik sepeda, selanjutnya, aku ingin berkebun dan menanam pohon, juga mengurangi penggunaan plastik, terutama ketika berbelanja.”

Nurkholis Ainunnajib – Sampoerna School of Education, Jakarta

“Di kampusku, Sampoerna School of Education Jakarta, emang ada kegiatan-kegiatan peringatan hari bumi, dan itu udah jadi agenda rutin tiap tahunnya. Nama rangkaian kegiatannya adalah GGGC (Green Generation Green Consumption) yang terdiri dari Poster, Oration, and Percussion Competition using recycled things dan juga Clean-Up Bunderan HI serta campaign di sana. Arti hari bumi buat aku ya, semacam pengingat bahwa telah banyak yang kita perbuat untuk merusak bumi dan karenanya kita juga perlu berbuat lebih banyak untuk ‘menutup dosa’ itu. Mungkin dalam kegiatan sehari-hari kita sudah diet air, kantong plastik, styrofoam dll. tapi dengan peringatan hari bumi kita jadi diingatkan buat lebih meningkatkan lagi usaha kita sekaligus mengajak orang lain berbuat serupa.”

Evi Baiturrohmah – Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo

“Menurut saya, menjaga bumi inherent dengan menjaga lingkungan. Saya berusaha untuk selalu aware dengan isu lingkungan. Saya selalu membuang sampah pada tempatnya, menggunakan plastik seminimal mungkin, bring my own tumbler, dan membawa tas sendiri pas belanja. Pokoknya konsep re-use atau recycle itu saya pake dalam kehidupan sehari- hari. Tidak lupa mengajak orang-orang terdekat buat ikut gaya hidup yang environmentally friendly.  Meskipun saya tidak bisa berkontribusi signifikan, paling tidak saya berusaha untuk tidak menjadi beban bumi.”

Nah, itulah beberapa opini dari kawan-kawan mahasiswa. Peduli bumi? Buktikan dengan aksi!🙂

Leave a Reply

