Kurita Mempraktikkan Teori Fisika

article ringo

Tahu manga Eyeshield 21? Dulu aku sangat menyukai manga ini. Selain itu juga mengikuti anime-nya. Manga buatan Riichiro Inagaki ini cukup terkenal pada jamannya.

Dalam salah satu chapter, ada adegan ketika Komusubi menghilang. Kali ini, aku ingin membahas sedikit, sebisaku, cara Yukimitsu dan Kurita mencari Komusubi. Berikut adalah ulasannya:

Tim Deimon Devil Bats kelabakan ketika Komusubi Daikichi menghilang. Semua anggota Deimon Devil Bats pergi untuk mencarinya. Tak ketinggalan Kurita dan Yukimitsu bekerja sama dalam pencarian. Bermacam cara ditempuh dalam pencarian itu. Yukimitsu memilih untuk mempraktikkan ilmu fisika dengan bantuan Kurita. Bagaimana caranya?

Teori fisika mengenai bunyi mencakup bunyi sebagai bagian dari gelombang dan gelombang dalam perambatannya memindahkan energi. Energi yang dipancarkan bunyi tiap sekon disebut daya bunyi (P). Sedangkan daya bunyi per satuan luas yang tegak lurus pada arah rambat gelombang disebut intensitas bunyi (I) dirumuskan:

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika1

atau

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika2

Biasanya suatu bunyi diukur berdasarkan taraf intensitasnya di beri lambang TI (Taraf Intensitas Bunyi) dengan satuan dB (desibel) dan dituliskan dengan persamaan:

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika3

di mana:

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika4

Yang dilakukan Yukimitsu adalah memperkirakan luas area dimana suara Kurita masih dapat terdengar dengan intensitas suaranya diketahui.

Misalkan telah diketahui sebelumnya Kurita dapat mengeluarkan bunyi 90 dB dan energi yang dipancarkan tiap sekon bunyi tersebut adalah 282 watt, berapa diameter luas area dimana suara Kurita masih dapat terdengar?

Diketahui:
TI = 90 dB
P = 282 watt

Ditanyakan: d = ?

Pembahasan:

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika5

Kemudian,

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika6

Luas area yang terbentuk dari gelombang bunyi berbentuk luas bola. Maka:

Kurita Mempraktikkan Teori Fisika7

103109_1641_KuritaMempr1.png

Jadi, efek dari suara Kurita dapat terdengar sampai diameter 300 m… wow!

103109_1641_KuritaMempr2.png

103109_1641_KuritaMempr3.png

Jika Komusubi tidak mendengarnya, keberadaannya pastilah di luar jarak itu antara ia dan Kurita.

103109_1641_KuritaMempr4.png

Yukimitsu memang cool! Ilmu memang tak akan berguna apabila tidak dipraktikkan. Tapi penerapan ilmu itu juga diperlukan pemikiran yang kritis dan kreatif. Giat berlatih akan membuat kita semakin terbiasa untuk melakukannya. Kita juga bisa jadi seperti Yuki, ya kan?

Dalam kasus ini memang mustahil untuk melakukan pengukuran terhadap taraf intensitas bunyi dan daya bunyi (darimana angka 90 dB dan 282 watt didapatkan di lapangan?), tak ada alat untuk itu dalam cerita. Memang, dalam manga sering kita temui hal-hal yang tidak masuk akal. Tapi mari kita berpikir secara terbalik. Dari manga Eyeshield 21 di atas, telah diketahui diameter area adalah 300 m.

Selanjutnya, perhitungan diatas tinggal dibalik, sehingga dapat diketahui angka 282 watt dan 90 dB tersebut. Banyak manga yang menerapkan hukum fisika dalam ceritanya, paling banyak terdapat pada manga sport. Coba saja cari manga sport yang lain dan dengan sedikit kreatifitas, kita cari teori fisika yang mendasari cerita itu. Be creative!

blog ttd

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: